E-mail : desa_tamblang@ymail.com

Sejarah Subak Desa Tamblang

Sejarah Subak Tamblang secara tertulis terbukti tidak ada, atau secara kenyataan sukar dibuktikan, menurut informasi yang kami kumpulkan, kami mendapat keterangan mengenai sejarah Subak Tamblang, adalah sebagai berikut :

Konon pada jaman dahulu, masyarakat Desa Tamblang dan masyarakat Desa Bila secara bersama-sama untuk mencari air yang berada di Banjar Tegal, Desa Tajun, kecamatan Kubutambahan. Berkat usaha keras dari masyarakat Desa Tamblang dan masyarakat Desa Bila, akhirnya air tersebut dapat dialirkan menuju Desa Tamblang.

Setelah air tersebut naik di Desa Tamblang, maka diadakan perjanjian pembagian air antara Desa Tamblang dan Desa Bila, yaitu : 2/5 bagian untuk masyarakat Tamblang dan 3/5 bagian untuk masyaraka Bila, yang sampai saat ini pembagian tersebut tetap di warisi dan dilaksanakan oleh masyarakat Tamblang dan masyarakat Bila.

Dengan adanya air pengairan maka dibukalah areal tanah persawahan dan lama-kelamaan terhimpun menjadi Subak yang dikenal sekarang ini menjadi Subak Tamblang sedangkan nama Subak tersebut disesuaikan dengan nama Desa yaitu Desa Tamblang. Mengenai pemanfaatan air oleh kerama Subak diatur menjadi dua per Subakan yaitu :
- Lanyahan Tamblang, dan
- Babakan Tamblang.

Dapat juga kami sampaikan mengenai urutan-urutan Penyarikan/Kelian Subak yang pernah menjabat pada Subak Tamblang, yaitu :
- Kelian Subak 1 : I Kunyad, Th - s/d Th -
- Kelian Subak 2 : Pan Winda, Th - s/d Th -
- Kelian Subak 3 : Md Gianyar, Th 1955 s/d Th 1960
- Kelian Subak 4 : Pan Sukirdi, Th 1960 s/d Th 1965
- Kelian Subak 5 : Kt Widiadnya, Th 1966 s/d Th 1981
- Kelian Subak 6 : Nym Padma, Th 1981 s/d sekarang.

Demikianlah sejarah singkat tentang Subak Tamblang, sekali lagi bahwa sejarah ini merupakan cerita dari orang-orang tua.

Tamblang 8 Juli 1983
Penyarikan Subak Tamblang

2 comments:

  1. Kalau yang "acolohan patin kandik" tau cerita lengkapnya? apa mungkin sudah di posting?? pengen liat

    ReplyDelete
  2. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos lighter than we do.

    (Just so you know, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING related to "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    TAP this link to see if this easy quiz can help you discover your true weight loss possibilities

    ReplyDelete