E-mail : desa_tamblang@ymail.com

Pelayanan Kesehatan Gratis

Pada hari Selasa, 5 Januari 2010 mencoba menelusuri pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Buleleng, ternyata kemajuan pelayanan kesehatan di satu-satunya Rumah sakit berplat merah yang ada di Singaraja sudah cukup memadai dari pelayanan tenaga medis terhadap pasien, sanitasi lingkungan serta peralatan kesehatan. Hanya yang kurang justru penunggu pasien yang tidak sabar didalam menunggu pelayanan dan didalam menjaga kebersihan di sekitar rumah sakit.

Pada hari ini yang paling mengejutkan adalah sudah digunakannya pelayanan Jaminan Kesehatan untuk masyarakat dimana pelayanan di Kelas 3 tanpa dipungut biaya alias gratis. Penelusuran untuk mendapatkan data yang lebih valid untuk pelayanan ini, bahwa sudah mulai berlaku pada tgl 1 Januari 2010 di seluruh Bali termasuk di Puskesmas, hanya sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan apakah seluruh tindakan medis digratiskan (contohnya, operasi patah tulang apakah gratis? atau yang dikatagorikan operasi besar)

Memang masalah pelayanan jaminan kesehatan ini menjadi program dari pemerintah propinsi Bali untuk diterapkan tahun ini,semoga program ini akan bisa terus dijalankan bahkan dikembangkan. karena sangat bermanfaat bagi masyarakat Tentunya karena program ini baru dijalankan akan banyak menemui kendala yang harus diperbaiki. Tetapi yang Pasti, MASYARAKAT YANG SUDAH TERDATA PADA SAAT PENDATAAN, hanya berbekal KTP dan KK di wilayah Propinsi Bali sudah menikmati Pelayanan Kesehatan Gratis.

Untuk Warga Masyarakat yang akan bekerja di luar Desa Tamblang tapi masih di wilayah Propinsi Bali ingat membawa KTP dan Fotocopy KK atau yang asli mungkin sewaktu-waktu diperluan untuk memeriksakan kesehatan di puskesmas atau Rumah Sakit terdekat dari tempat bekerja.

No comments:

Post a Comment